Pemandian Alam Cikoromoy

By Gudang Wisata
Oct 30th, 2012
0 Comments
671 Views

Cikoromoy adalah salah satu tempat wisata di daerah Pandeglang Banten yang identik untuk wisata keluarga. Untuk menuju pemandian alam Cikoromoy ini hanya dibutuhkan sekitar 15 Km dari Kota Pandeglang menuju arah Mandalawani. Bertepat di Desa Kadubungbung, Kecamatan cimanuk Kabupaten Pandeglang – Banten. Objek wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi ketika akhir pekan bersama keluarga. Perjalanan menuju Pemandian Cikoromoy pun disuguhi dengan pemandangan yang indah seperti persawahan. Jadi ketika kita menuju kesana rasa bosan di perjalanan pun akan hilang dan tidak terasa.

Pemandian umum Cikoromoy yang berasal dari sumber mata air yang berada di Kp. Cikoromoy, dahulu sumber mata air ini berada ditengah hutan yang dikelilingi oleh hutan belantara dan pepohonan yang tinggi dan besar-besar. Makin lama penduduk setempat memakai sumber air ini untuk kehidupan sehari-hari seperti mandi, memasak, mencuci pakaian bahkan untuk memberi minum dan memandikan ternak penduduk setempat di sumber air tersebut. Selain itu sumber mata air Cikoromoy tidak pernah mengalami kekeringan pada saat musim kemarau. Selain mengairi pesawahan, sumber air ini pula yang digunakan oleh Pemkab Pandeglang untuk PDAM yang mengairi perumahan yang ada diwilayah pandeglang.

cikoromoy Pemandian Alam Cikoromoy
pemandian cikoromoy Pemandian Alam Cikoromoy

Konon, sumber mata air ini sudah ada sejak lama sebelum masa penjajahan Belanda. Sejak tahun 1975 sumber ini di lokalisir oleh warga setempat agar mudah mengambil air tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Lambat laun banyak pelajar setempat menggunakan sumber mata air Cikoromoy untuk bermain-main saja dan hanya dikenakan tarif biaya sebesar Rp.100,-. Seiring waktu dengan semakin banyaknya pengunjung perlu perhatian khusus untuk perawatan sumber air Cikoromoy yang di kelola oleh kepala desa Kadu Bungbang.

Hingga kini pemandian sumber mata air Cikoromoy selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, teutama pada hari sabtu dan minggu atau hari libur. Tarifnya sangat murah, cuma 3.000 perak, kita bisa mandi sepuasnya. Selesai mandi kita bisa menikmati ikan bakar yang yummy banget pokoknya, karena disekeliling kolam banyak terdapat warung makan.

Di dekat Pemandian Cikoromoy ini pun ada objek wisata Batu Quran yang sangat unik dan patut dikunjungi. Dan jangan lupa untuk menikmati hidangan ikan bakar atau makanan laut lainnya di warung-warung yang ada disekitar pemandian Cikoromoy. Karena pastinya setelah berenang dan bercanda seharian bersama sanak saudara pasti akan membuat kita lapar dan sangat lelah. Selamat Berwisata,

About the Author

- Portal informasi wisata Indonesia yang menyediakan berbagai informasi wisata untuk kebutuhan liburan Anda. Info wisata terbaru tentang aneka objek wisata, hotel, tips traveling, paket wisata, dan lain-lain.

Apa kesan Anda tentang ini?