Pelajar Wajib Tau Sejarah Museum Zoologi

Bila anda sedang ada di Bogor tidak ada salahnya jika anda mengunjungi salah satu Museum yang yang ada di Bogor ini. Museum zoologi merupakan museum yang melihatkan beberapa fauna yang telah di awetkan. Museum ini berlokasikan di jalan Ir. H. Juanda No. 9. Dengan luas yang ditempati  402m2. Selain berekreasi di museum ini kita juga bakal mendapatkan pelajaran tentang fauna-fauna yang ada di museum zoologi ini.

Sejarah Berdirinya Museum Zoologi

Museum ini didirikan atas gagasan dari Dr. JC Koningsberger yang merupakan seorang ahli botani yang sedang berada di Kota Bogor,  pada Agustus 1894 waktu akan mulai dibangun hingga selesai akhir Agustus 1901, lalu diberi nama Landbouw Zoologisch Museum.  Pada Lima tahun berikutnya tepatnya tahun 1906 namanya berganti menjadi Zoologisch Museum. Pada Empat tahun berikutnya namanya berubah kembali menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. Setelah pergolakan politik museum ini berganti nama lagi menjadi Museum Zoologicum Bogoriense di antara tahun 1945-1947. Sehingga sampai saat ini nama tersebut terus digunakan, kemudian sering disebut Museum Zoologi Bogor.

museum zoologi

Koleksi Yang Dimiliki Museum Zoologi

Anda bisa melihat Koleksi yang dimiliki museum zoology ini yaitu terdapat jutaan spesimen yang terdiri dari puluhan ribu jenis fauna dari berbagai jenis. Diantaranya enam ratus lima puluh jenis binatang mamalia (menyusui), seribu seratus jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, enam ratus jenis reptil dan ikan, moluska yang terdiri dari dua ribu tiga ratus jenis,sepuluh ribu jenis serangga serta tujuh ratus jenis invertebrate lainnya.

Jam Berkunjung Serta Biaya

Bagi anda yang mau berkunjung ke museum ini dibuka setiap Senin-Kamis jam 08.00-16.00 dan pada hari Jumat jam 08.00-11.30 sedangkan pada hari sabtu dan minggu Libur. Tiket berkunjung  Kebun Raya Bogor sembila ribu lima ratus rupiah sudah termasuk tiket masuk Museum Zoologi Bogor, karena letak museum ini ada di dalam kebun raya bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *