Pantai Pelabuhan Ratu

pantai pelabuhan ratu indonesia

Kali ini kita akan bahas pantai yang ada di jawa barat Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi, yaitu pantai pelabuhan ratu. Pantai dengan ombak yang kuat ini tidak cocok untuk anda yang ingin berenang karena akan sangat berbahaya. Gambaran pantai ini merupakan pantai yang curam dan landai, dengan tebing karang yang sangat terjal, hempasan ombak yang kuat, dan juga terdapat hutan cagar alam. Pantai Palabuhan Ratu juga dikenal sebagai tempat berkembangbiaknya penyu yang terancam punah. Penyu merupakan salah satu binatang yang langka dan sangat dilindungi maka perlu dipelihara keberadaannya. Namum karena ulah jail beberapa orang penyu-penyu tersebut diambil dan di olah menjadi makanan, serta cangkangnya di buat sebagai hasil kerajinan.

Upacara adat sekitar pelabuhan ratu

Terdapat acara ritual tiap tahunnya yang dilaksanakan Pada bulan April biasanya masyarakat sekitar Palabuhan Ratu mengadakan upacara adat Hari Nelayan. Acara ini dimaksudkan sebagai pemberian rasa syukur nelayan atas rezeki yang telah mereka dapatkan dari hasil laut dan agar dijauhkan dari segala mara bencana. Biasanya dalam upacara ini disediakan sesaji berupa kepala kerbau yang nantinya akan dilarung ke tengah laut.

pelabuhan ratu
pantai pelabuhan ratu

Fasilitas-fasilitas yang ada

Terdapat beberapa hotel didekat pantai jika anda ingin menginap atau menikmati suasana malam pantai pelabuhan ratu ini. Daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu ialah kondisi gelombang air lautnya cukup cocok bila digunakan untuk olahraga surfing, Di seputar Palabuhanratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk berselancar atau surfing, yaitu di Batu Guram, Ujung Genteng, Ombak Tujuh, Samudra Beach, Karang Haji, Sunset Beach, Cimaja, sampai Karang Sari. Masing-masing pantai mempunyai ombak dengan karakteristiknya sendiri. Selain itu Sekitar 17 km dari Pantai Palabuhan Ratu terdapat sumber air panas di Cisolok, yang mengandung belerang yang berguna bagi kesehatan.