Pantai Pangandaran Dan Upacara Hajar Laut

Keindahan pantai pangandaran menuntut anda untuk berkunjung sejenak menikati keindahan pantainya. Pantai terbaik di pulau jawa ini cocok untuk menghilangkan penat anda akibat aktivitas yang padat, kami menyarankan Anda untuk berkunjung ke pantai ini.

Lokasi Pantai

Pantai pangandaran berada di Kabupaten Ciamis yang terletak disebelah timur jawa barat, lebih tepatnya di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis – Jawa Barat. Pantai Pangandaran ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms. Karena hal itu lah pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negri maupun wisatawan dari luar negri (asing).

pantai pangandaran

Upacara di Pantai Pangandaran

Adapun acara tradisional yang terdapat di sini adalah Hajat Laut, yaitu upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Biasanya acara ini dilaksanakan pada setiap bulan Muharam, yang berlokasi di Pantai Timur Pangandaran.

Pesona Pantai Pangandaran

Pada pantai pangandaran ini anda dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari, Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk bermain dan berenang dengan aman, Di bagian pantai juga terdapat pantai dengan hamparan pasir putih,  taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona, terdapat tim penyelamat yang baik. Dengan keindahan tersebut, maka wisatawan yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam: memancing, berkeliling dengan sepeda, para sailing, jet ski, berenang, dan lain-lain. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan di pantai pangandaran ini. Salah satu event terbesar, event internasionalnya yaitu festivas laying-layang internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Selain itu banyak lagi fasilitas yang ditersedia di pantai ini antara lain Lapang parkir yang cukup luas, Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi,  Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer,  Gedung bioskop, diskotik,  Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata,  Bumi perkemahan,  Sepeda dan ban renang sewaan,  Parasailing dan jetski.