Pantai Mabak Menjadi Tumpukan Sampah

Pantai Mabak adalah salah satu pantai yang berada di daerah Merak, Banten. Lokasinya dekat dengan pelabuhan merak. Pantai ini menghadap ke sebuah pulau kecil yang biasa disebut dengan pulo merak kecil. Dulunya pantai ini sangat indah, banyak para wiastawan yang datang mengunjunginya. Karena kalian tahu apa daya tarik pantai ini? Pantai ini memiliki suasana sunset yang sangat indah. Sehingga banyak fotografer pro maupun amatir datang ke tempat ini untuk mengabadikannya. Tinggal ketinggalan juga para wisatawan lokal maupun penduduk sekitar yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Pantai ini.

pantai mabak

Hilangnya Keindahan Pantai Mabak

Di Pantai Mabak terdapat sebuah penginapan dengan halaman parkir yang cukup luas. Pantai ini memiliki pasir yang putih. Selain itu pantai ini juga merupakan salah satu akses menuju Pulo / Pulau Merak Kecil. Pulau ini juga sering dikunjungi para wisatawan. Tapi sayang karena Pantai Mabak sekarang sudah dipenuhi dengan sampah. Para wisatawan yang ingin menyebrang ke pulau Merak kecil ini jadi berkurang. Ini juga yang dikeluhkan para mori yaitu sebutah untuk sopir kapal yang mengantarkan ke pulau merak kecil. Sekarang orang yang ingin menyebrang ke pantai mori hanya 10 – 15 orang perharinya. Jika saja Pantai Mabak ini bersih, mungkin yang berminat untuk menyebrang ke Pulo Merak kecil ini juga akan lebih banyak.

Permasalahan Pantai Mabak

Permasalah Pantai Mabak yang sekarang banyak ditumpuki sampah ini juga sudah menjadi pembicaraan pemerintah daerah setempat. Tapi karena budget / biayanya belum ada, maka perbaikan masalah pantai in masih terhambat hingga sekarang. Pantai yang dulu berpasir putih, kini mulai berubah menjadi hitam. Besi-besi bekas bangkai kapal banyak terdapat di pinggir pantai. Bahkan banyak kapal-kapal yang menyandarkan kapalnya di pantai ini. Sehingga makin membuat pantai ini tidak sedap dipandang.

Seharusnya kesadaran akan kelestarian lingkungan wisata ini harus dimulai dari warga sekitar dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Sehingga walaupun bukan dengan dana dari pemerintah. Pantai Mabak ini sudah bisa dibenahi sedikit demi sedikit. Marilah kita bersama-sama menjaga pantai – pantai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia salah satunya adalah pantai mabak. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *