Menyaksikan 4.000 Wayang Di Museum Wayang Jakarta

Siapa yang tak tahu tentang wayang, wayang merupakan salah satu budaya Indonesia yang patut untuk dilestarikan. Kita dapat melihat koleksi-koleksi wayang terlengkap yaitu disalah satu museum yang ada di Jakarta yang diberi nama Museum wayang. Sesuai dengan namanya Museum wayang ini menyimpan berbagai jenis koleksi wayang yang berasal dari Indonesia bahkan ada juga yang berasal dari luar negri yang dikemas secara modern agar menarik minat para pengunjung tetapi tetap tidak meninggalkan budaya.museum ini berada di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Sebelum dijadikan museum wayang dulunya tempat ini merupakan sebuah gereja yang dibangun oleh VOC tetapi seiring perkembangan dan perubahan tempat ini dijadikan sebagai museum wayang. Museum ini tercatat memiliki koleksi wayang yang cukup banyak lebih dari 4.000 buah wayang yang dikategorikan dalam beberapa kategori yaitu wayang beber, wayang golek, wayang kulit, topeng, wayang rumput, gamelan, wayang janur, dan wayang kardus. Selain wayang-wayang Indonesia terdapat juga boneka-boneka yang berasal dari luar negri seperti dari China, serta negara-negara eropa lainnya. Untuk melihatkoleksi  wayang Indonesia diletakkan dilantai satu digedung ini sedangkan untuk melihat koleksi wayang-wayang dari luar negri ada di gedung lantai dua. Pengunjung yang gemar dengan pertunjukan wayang di museum ini juga terdapat pementasan wayng-wayang tersebut yang dilakukan setiap 2 atau 3 minggu sekali.

Museum ini tercatat memiliki koleksi wayang yang cukup banyak lebih dari 4.000 buah wayang yang dikategorikan dalam beberapa kategori yaitu wayang beber, wayang golek, wayang kulit, topeng, wayang rumput, gamelan, wayang janur, dan wayang kardus

museum wayang

Jadwal Berkunjung Museum Wayang

Jika anda ingin berkunjung ke museum wayang ini sebaiknya pada saat Jam Operasional yaitu di hari Selasa sampai Minggu pukul 09.00 – 15.00 namun Senin dan hari besar lainnya museum ini Tutup. Untuk tiket masuk anda tidak harus bayar mahal dengan tariff yang diberikan untuk dewasa dikenakan biaya Rp 2.000, Mahasiswa : Rp 1.000, Anak-anak : Rp 600. Anda sudah bisa puas menikmati koleksi wayang yang ada di museum wayang ini.