Museum Sonobudoyo Yogyakarta

288 views

Yogyakarta merupakan kota dengan budaya jawa yang sangat kental. Banyak sekali tradisi-tradisi yang kita jumpai saat mengunjungi Yogyakarta, kota penuh dengan sejarah. Semua bekas-bekas sejarah tersebut tersimpan dan tertata rapi di salah satu museum yang ada di Yogyakarta ini yang bisa kita kunjungi karena bisa dikunjungi oleh umum. Salah satu museum terkenal di Yogyakarta yaitu Museum Sonobudoyo yang merupakan salah satu museum sejarah dan kebudayaan Jawa, termasuk kedalam bangunan arsitektur klasik Jawa. Museum yang menyimpan budaya jawa yang sangat lengkap sehingga membuat museum ini sebagai salah satu museum terbesar setelah museum nasional Republik Indonesia di Jakarta. Museum Sonobudoyo ini terletak di bagian utara Alun-alun selatan dari kraton Yogyakarta. Kita bisa mengunjungi museum ini setiap hari kerja tetapi hari libur nasional museum ini juga libur.

Sejarah Museum Sonobudoyo

Model bangunan museum dengan bangunan arsitektur jawa pada Museum Sonobudoyo ini dibuat seperti rumah joglo yang meniru  arsitektur gaya bangunan Masjid Kasepuhan Cirebon oleh Ir Th Karsten. Java institute adalah pencetus terbentuknya Museum Sonobudoyo ini. Yayasan ini merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok, dengan pemimpinnya pada waktu itu adalah Dr. Huseun Djajaningrat mendirikan Museum Sonobudoyo atas restu dari Kanjeng Sultan Hamengku Buwono VIII tepat Pada tanggal 6 November 1935.

Promo Paket Tour Bali

Silahkan masukan nama dan email kamu di kolom berikut ini, dan dapatkan segera promo paket tour Bali sekarang juga!

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

 Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Kita bisa melihat Koleksi yang dimiliki oleh Museum sonobudoyo ini bermacam-macam antara lain yaitu batuan atau kerapik pada zaman Neolitik, patung perunggu sejak abad ke 8,selain itu di museum ini juga terdapat beberapa macam wayang kulit dengan bentuk yang berbeda-beda, ada juga senjata jawa zaman dahulu yaitu keris dan beberapa senjata lainnya, dan beberapa topeng Jawa. Hingga sekarang ini Museum Sonobudoyo tercatat memiliki 42.698 buah koleksi yang dikategorikan dalam 10 macam, yaitu: koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologi, seni rupa, dan teknologika.

Jika anda berkunjung ke Jogja lebih baik tidak hanya berlibur saja tetapi datang ke museum ini karena di tempat ini anda bisa berekreasi sambil belajar sejarah tentang kebudayaan jawa yang ada di Indonesia ini yang disimpan rapi dalam Museum Sonobudoyo ini.

Tags: #Blog #Jawa Tengah #Museum #Wisata Jogja #Yogyakarta

Leave a reply "Museum Sonobudoyo Yogyakarta"

Author: 
author
Portal informasi wisata Indonesia yang menyediakan berbagai informasi wisata untuk kebutuhan liburan Anda. Info wisata terbaru tentang aneka objek wisata, hotel, tips traveling, paket wisata, dan lain-lain.