Museum Seni Rupa Dan Keramik

Hasil karya bangsa Indonesia sangatlah banyak. Mulai dari kerajinan tangan, tarian, lukisan, dan karya seni rupa lainnya. Semua itu berkembang dengan baik di negara tercinta kita ini. Tapi apakah kalian tahu bahwa di Jakarta ada sebuah museum yang mengumpulkan berbagai macam karya seni rupa dan keramik? Jika kalian belum tahu, maka kalian wajib menyimak artikel kali ini yang akan membahas Museum Seni Rupa Dan Keramik.

museum seni rupa dan keramikmuseum seni rupa

Museum Seni Rupa dan keramik ini menempati bangunan tua peninggalan zaman kolonial Belanda dulu. Di museum Seni Rupa ini dikumpulkan berbagai macam keramik yang dikumpulkan dari zaman Majapahit abad ke-14. Serta keramik dan karya seni rupa lainnya baik yang berasal dari dalam atau pun luar negeri. Museum Seni Rupa ini terletak di Jalan Pos Kota No 2, Kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Bangunan yang megah dan terlihat kokoh dapat tercermin dari depan museum Seni Rupa ini. Dimana museum Seni Rupa ini memiliki 8 pilar atau tiang besar di depan bangunannya.

Sejarah Gedung Museum Seni Rupa

Gedung museum Seni Rupa dan keramik ini pada awalnya digunakan oleh pemerinth Hindia – Belanda sebagai kantor dewan kehakiman. Dan ketika Belanda lengser, pada zaman penjajahan Jepang  gedung ini digunakan sebagai asrama militer TNI. Hingga kemerdekaan tiba, bangunan ini akhirnya dijadikan bangunan bersejarah dan cagar budaya. Dan sempat juga dijadikan sebagai kantor walikota Jakarta barat hingga diresmikannya oleh mantan Presiden Soeharto sebagai Balai Seni Rupa.

museum seni rupa jakarta

Dan pada tahun 1990 bangunan ini akhirnya diresmikan sebagai Museum Seni Rupa yang dikelola oleh Dina Kebudayaan Dan kemuseuman DKI Jakarta. Dan sekarang museum Seni Rupa Dan Keramik ini banyak dikunjungi oleh para pelajar baik itu dari dalam atau pun luar negeri untuk melihat bagaimana kayanya Indonesia dengan hasil karya seninya.

Jam Buka Museum Seni Rupa

  • Selasa-Minggu 09.00-15.00
  • Hari Senin dan hari besar tutup

Tiket

  • Perorangan
    Dewasa Rp 2.000,00
    Mahasiswa Rp 1.000,00
    Anak-anak/pelajar Rp 600,00
  • Rombongan (minimal 20 orang)
    Dewasa Rp 1.500,00
    Mahasiswa Rp 750,00
    Anak-anak Rp 500,00