Museum Prasasti Jakarta

Salah satu museum terkenal di Jakarta yaitu Museum Prasasti, menjadi pilahan yang tepat untuk anda belajar tentang  sejarah bangsa kita. Selain belajar kita juga dapat berekreasi bersama teman, pacar, maupun keluarga. Jika anda ingin mengunjungi museum ini ada di Jalan Tanah Abang 1 Jakarta Pusat. pada 1795 museum ini mulai dibangun untuk mengganti  pemakaman yang sudah penuh di samping Gereja Nieuwe Hollandse Kerk, dengan luas kurang lebih sekitar  5,5 hektar . terletak di kebon jahe kober. pada tahun 1975 pemakaman yang ada disana yaitu pemakaman orang-orang Belanda (pejabat atau tokoh-tokoh penting Belanda) di tutup selanjutnya dilakukan penataan kembali prasasti-prasasti nisan yang terpilih. Yang akhirnya pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Prasasti. Prasasti dapat diartikan sebagai wujud dari ungkapan perasaan seseorang saat ditinggal oleh kerabatnya kembali menghadap Sang Pencipta yang tampak  pada motif dan ornamen pada pahatan prasasti tersebut.

Museum prasasti

Beberapa Koleksi dari Museum Prasasti

Anda dapat melihat koleksi-koleksi yang terdapat dimuseum prasasti ini yaitu 1409 buah koleksi, yang meliputi meliputi nisan para tokoh ilmuwan, rohaniawan, pendidikan, seniman, , dan pejuang. Terdapat nama-nama tokoh-tokoh belanda yang terkenal dan juga Shoe Hok Jie. Masih banyak lagi yang museum ini koleksi seperti Peti bekas jenazah Bung Karno, Bung Hatta, dan duplikat kereta jenazah Sang Proklamator.museum prasasti jakarta

Jam operasional Museum Prasasti

Pengunjung dapat berkunjung ke Museum Prasasti ini pada hari Selasa s/d Kamis pada pukul 09.00 – 15.00, Jumat pada pukul 09.00 – 14.30, Sabtu pada pukul 09.00 – 12.30, Minggu pada pukul 09.00 – 15.00 sedangkan untuk hari Senin & Hari libur nasional: Museum prasasti ini tutup. Karcis masuk ke Museum Prasasti ini tidak lah mahal anda cukup dengan membayar 1000-3000 rupiah anda bisa masuk museum sambil menikmati keindahan koleksi Museum Prasasti ini serta belajar.