Museum Nasional Indonesia Atau Museum Gajah

Museum Nasional Indonesia Atau Museum Gajah Reviewed by Gudang Wisata on . This Is Article About Museum Nasional Indonesia Atau Museum Gajah

Museum Nasional Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan museum Gajah adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Merdeka Barat. Gedung museum gajah ini dibangun pada tahun 1862 oleh pemerinah Belanda. [Selengkapnya]

Rating: 5

 Museum Nasional Indonesia Atau Museum GajahMuseum Nasional Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan museum Gajah adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Merdeka Barat. Gedung museum gajah ini dibangun pada tahun 1862 oleh pemerinah Belanda. Karena itu juga pengaruh arsitek Eropa sangat kental jika kita mengunjungi museum ini. Sebenarnya museum ini diresimikan pada tahun 1868, tapi secara institusi museum ini mulai diakui keberadaannya pada tahun 1778. Kenapa museum ini dinamakan museum gajah? karena dulu raja Chulalongkorn menghadiahkan patung dari Thailand menghadiahkan patung gajah perunggu yang akhirnya menjadi simbol dari museum ini. Karena itu museum ini sampai sekarang lebih terkenal dengan museum Gajah. Tapi pada 28 Mei 1979 museum ini resmi dinamakan sebagai Museum Nasional Republik Indonesia yang dikelola oleh Lembaga Kebudayaan Indonesia. Dan sampai sekarang direktorat jendras Sejarah dan Arkeologi lah yang mengelola museum ini.

Sejarah Museum Gajah

Pada tahun 2006 Tercatat lebih dari 140.000 buah benda bersejarah ada di museum ini. Menjadikan museum ini kaya akan benda-benda yang bisa dipelajari oleh anak-anak kita jika kita berlibur ke museum ini. Museum ini sangat cocok dijadikan tempat liburan, karena selain membuat anak-anak senang bermain disekitar museum. Obyek Wisata ini juga dapat menjadikan anak-anak kita cinta akan bangsanya sendiri dengan mengetahui lebih jauh tentang sejarah Indonesia. Sebaiknya kita mendampingi anak-anak kita dan memberi penjelasan agar mereka lebih dapat memahaminya. Tapi sayangnya, walaupun museum ini memiliki koleksi benda bersejarah yang cukup banyak. Sayangnya hanya sepertiga dari benda-benda itu saja yang bisa dilihat oleh masyarakat umum.

Museum Gajah memiliki koleksi benda bersejarah dari seluruh Nusantara. Seperti arca-arca kuno, prasasi, naskah-naskah serta beberapa kerajinan tangan peninggalan zaman dahulu. Benda-benda bersejarah ini didapatkan dari penggalian para arkeolog, hibah dari zaman pemerintahan Belanda, serta hibah para kolektor, dan ada pula beberapa benda bersejarah yang dibeli. Semuanya terkumpul di museum gajah ini.

Museum Nasional Museum Nasional Indonesia Atau Museum Gajah

Jika para wisatawan mengunjungi museum ini, ada bebearpa benda bersejarah yang menarik seperti Patung Bhairawa. Patung Bhairawa ini adalah patung tertinggi di museum Nasional Indonesia, Tingginya menncapai 414 cm. Patung ini berupa sosok laki-laki yang berdiri di atas mayat atau tengkorak manusia. Yang ditangankirinya memegang gelas dari tengkorak dan tangan kanannya memegang pisau kecil bergaya arab. Patung ini ditemukan di sumatra, diperkirakaan patung ini dari abad 13 -14.

Fasilitas Museum Nasional Indonesia

Untuk masalah fasilitas museum gajah juga tidak kalah lengkapnya. Di museum ini terdapat berbagai fasilitas seperti tour guide dengan berbagai bahasa seperti Prancis, Korea, Jepang, dan Inggris. Selain itu di museum nasional ini juga terdapat toko Cinderamata dan juga toko makanan dan minuman yang bisa melengkapi liburan kita di museum ini.

Harga Tiket Masuk Museum Gajah

Untuk harga tiket masuk museum Nasional Republik Indonesia ini terbilang murah. Perorang hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. dan jika kita datang rombongan, maka harga tiket akan lebih murah Rp 3.000/orang untuk dewasa dan Rp 1.000/orang untuk anak-anak. Tapi dengan syarat kita datang rombongan dan jumlah minimal 20 orang. Dan untuk turis asing juga ada harga khusus sebesar Rp 10.000/orang. Harga yang sangat murah untuk sebuah kawasan wisata di Jakarta pusat.

Menarik bukan? karena itu Gudang Wisata merekomendasikan untuk kalian yang senang berlibur sambil belajar bersama anaknya untuk mengunjungi Wisata Sejarah di Kota Jakarta ini. Selamat Berwisata,

2 Komentar untuk “Museum Nasional Indonesia Atau Museum Gajah”
  1. Sudah saatnya masyarakat kembali mengenal museum nasional.

Apa Pendapatmu tentang Museum Nasional Indonesia Atau Museum Gajah