Museum Bahari

327 views

08museum Museum BahariKekayaan laut negara kita sangatlah berharga, hampir separuh dari negara kita adalah terdiri dari laut. Karena memang negara kita adalah negara kepulauan. Dan tentunya kekayaan ini harus kita jaga dan lestarikan. Karena jika tidak, maka bisa dimanfaatkan oleh bangsa lain dan kita tidak akan memiliki apa-apa kecuali kenangan. Di jakarta, ada salah satu museum yang bisa kita kunjungi untuk lebih mengenal tentang sejarah dan perkembangan tentang kebaharian serta kenelayanan di indonesia. Karena semua sejarah itu tercatat di museum Bahari yang terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Barat.

Koleksi Museum

Di museum ini disimpan berbagai macam model dan miniatur kapal mulai dari sabang sampai merauke. Nenek moyang kita yang kononnya adalah seorang pelaut, bisa terlihat ketika kita melihat berbagai macam aneka jenis kapal di museum ini. Selain itu, berbagai macam model kapal tradisional yang digunakan keitka zaman VOC juga dipanjang di museum ini. Tidak ketinggalan alat-alat yang mendukung dunia pelayaran seperti teropong, kompas, alat-alat navigasi dan masih banyak lagi. Semua itu dipajang di museum ini.

Promo Paket Tour Bali

Silahkan masukan nama dan email kamu di kolom berikut ini, dan dapatkan segera promo paket tour Bali sekarang juga!

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

museum bahari Museum Bahari

Sejarah Museum Bahari

Dulunya museum bahari ini adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat pengumpul rempah-rempah ketika Belanda atau VOC berkuasa. Rempah-rempah dari Indonesia yang laku di pasar Eropa disimpan dulu di bangunan yang sekarang menjadi museum bahari ini. Setelah itu baru dikirim untuk dijual ke luar. Setelah Belanda hengkang, bangunan ini pun sempat digunakan oleh Jepang sebagai penyimpanan logistik ketika masa penjajahan. Hingga Indonesia meredeka, bangunan ini masih digunakan oleh PLN dan PTT sebagai bangunan. Baru setelah Tahun 1976, bangunan cagar budaya ini dipugar kembali, dan kemudian pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Bahari.

Jam Oprasional Museum Bahari

Museum bahari dibuka mulai dari jam 09.00 - 15.00 WIB pada hari selasa sampai hari minggu. Untuk hari senin museum ini tutup, tapi untuk hari-hari libur museum ini tetap buka dan banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun pelajar.

Tags: #Blog #Jakarta #Jawa Barat #Museum #Wisata Jakarta

Leave a reply "Museum Bahari"

Author: 
author
Portal informasi wisata Indonesia yang menyediakan berbagai informasi wisata untuk kebutuhan liburan Anda. Info wisata terbaru tentang aneka objek wisata, hotel, tips traveling, paket wisata, dan lain-lain.