Mercusuar Anyer [Serang – Banten]

mercusuar anyerHallo sobat traveller, udah siap traveling lagi? ok, kali ini kita masih menjelajah di sekitar kawasan Pantai Anyer. Apakah kalian tahu bahwa di kawasan Anyer ini juga terdapat sebuah mercusuar yang memiliki sejarah luar biasa. Ya, Mercusuar Anyer yang berada di Desa Cikoneng Kecamatan Anyer, Kab.Serang – Banten ini memang paling mencolok jika kita melewati Anyer. Bangunannya yang tinggi terbuat dari baja, membuat mercusuar ini terlihat kokoh dan gagah. Setiap wisatawan yang melwati kawasan ini pasti melihatnya, karena mercusuar ini adalah bangunan paling tinggi diantara semua bangunan yang ada disekitarnya. Mercusuar Anyer ini memiliki sejarah khususnya pada zaman penjajahan Jepang maupun Belanda. Posisinya terletak di Nol Kilometer antara jalan Anyer – Panarukan. Apakah kalian tahu tentang jalan Anyer – Panarukan yang dibuat pada masa penjajahan dengan sistem kerja roddi. Mercusuar ini lah yang menjadi saksi bisu ketika zaman penjajahan itu.

Tinggi mercusuar ini sekitar 75,5 meter. Terbagi menjadi 18 tanggan dan memiliki 286 anak tangga. Letaknya yang tepat di pinggir jalan serta berhadapan langsung dengan Pantai yang dinamakan pantai Bojong / Pantai Mercusuar ini menjadikan Mercusuar Anyer ini salah satu objek wisata di kawasan Anyer yang patut dikunjungi.

Jika kita berada di bawah mercusuar ini, kita bisa melihat bagaimana megahnya bangunan mercusuar ini. Di pintu mercusuar, ada sebuah prasasti yang bertuliskan tanggal dibangun serta sejarahnya mercusuar ini. Dulunya mercusuar ini terbuat dari batu bata. Jika kalian berjalan sedikit ke bibir pantai, disana ada bekas bangunan yang sudah roboh dimana pondasinya terbuat dari batu bata. Itulah pada awalnya mercusuar anyer itu. Cuma mercusuar yang pertama roboh, akhirnya dibangun kembali dengan struktur besi dan baja.

mercusuar bojong
objek wisata anyer

Sensasi Di Puncak Mercusuar Anyer

Untuk memasuki dan menaiki mercusuar ini tidaklah perlu merogoh kocek  yang banyak. Kita hanya perlu membayar uang retribusi masuk sekitar Rp 1.000,- dan kita bisa langsung menaiki dan menyusuri anak tangganya. Melelahkan memang, tapi bersabarlah. Karena ketika kalian sampai di puncak mercusuar, semua kelelahan kalian itu akan terbayar. Setelah sampai di puncak, kalian akan senang. Karena kalian bisa melihat kawasan Anyer dari atas. Anak gunung krakatau juga bisa terlihat, bahkan jika langit sedang tidak berkabut. Kalian bisa juga melihat pulau sumatra. Keadaan di puncak mercusuar ini sangatlah sejuk. Karena posisinya yang diatas, kalian akan merasakan hembusan angin pantai yang cukup kencang. Jadi, berhati-hatilah ketika di puncak. Tapi di puncak mercusuar juga ada pagar untuk mengamankan para wisatawan. Tapi tetap kita harus berhati-hati. Ketika smapai diatas, pasti kalian akan betah beralama-lama disana. Selain udaranya yang suka membuat kantuk, pemandangan dari atas mercusuar juga sangatlah indah.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Anyer dari atas, kalian bisa turun dan bersantai-santai di pantai Mercusuar atau biasa disebut pantai Bojong. Terdapat beberapa saung untuk beristirahat. Dan menikamti sejuknya udara pantai Anyer. Atau jika kalian belum puas, kalian bisa juga menginap di villa yang ada di dekat mercusuar. Villa yang berbentuk panggung  ini juga sangat cocok untuk kalian menginap dan menikmati suasana malam di Pantai Anyer. Bagaimana tertarik untuk menikmati suasana di puncak Mercusuar Anyer ? 🙂