Makam Raja Imogiri di Bantul Yogyakarta

raja imogiriMakam Raja Imogiri terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bagi kalian yang sedang berlibur di Yogyakarta atau Jogja. Maka wajib memasukan objek wisata di Imogiri yang satu ini. Keunikan tempat wisata di Imogiri ini terletak dari banyak faktor.

Untuk menuju lokasi Makan Imogiri tidaklah sulit. Banyak cara untuk menuju kesana. Lokasinya pun dari pusat kota Jogja seperti Maliobor atau daerah sekitar kota Yogya tidaklah sulit. Hanya sekitar 20 KM lebih jika dihitung dari kawasan Malioboro. Untuk menuju kesana kalian bisa menggunakan berbagai macam kendaraan. Mulai dari sepeda, motor, mobil, atau bahkan kendaraan umum. Tapi saran saya, gunakan lah sepeda untuk menuju kesana. Walalupun agak sedikit melelahkan tapi kalian bisa sambil menikmati pemandangan alam menuju wisata di Imogiri ini. Jalur yang paling mudah menuju makam Raja Imogiri adalah melalui jalan Imogiri atau Ring Road Imogiri ke Selatan hingga kalian sampai di kecamatan Imogiri. Setelah itu belok kiri mengikuti jalan. Nanti kalian akan sampai. Jika dari arah bantul, kalian bisa berjalan ke timur melalui Bakulan. Ikuti jalan saja menuju arah timur.

Seribu Tangga Di Makam Raja Imogiri

Di makam utama para raja Keraton yogyakarta yang berada di Imogiri ini ada sebuah tangga yang biasa disebut dengan Seribu Tangga. Ada dua jalur sebenarnya untuk mencapai tempat utama makan raja. Tapi sayang dong jika tidak ada petualangannya. Susunan tangga di makam Imogiri ini beragam, mulai dari yang pendek hingga yang harus mengangkat badan. Sambil menaiki tangga, kalian juga bisa menikmati pemadangan alam disekitar. Sangat indah dan mempesona. Jika kalian menempuh tangga ini, bukan hanya wisata tapi kalian juga bisa sambil berolahraga. hehe 😀

Ada yang unik dari tangga-tangga ini. Dimana sepanjang jalur tangga di bagian kanan dan kirinya banyak terdapat makam umum hingga sampai di puncaknya yaitu makam para raja. Jika kalian datang pada hari minggu, di tangga-tangga itu juga banyak yang menjajakan makanan dan minuman. Bahkan ada yang naik turun tangga sekedar ingin berolah raga.

Setelah sampai di puncak yaitu di makam Raja Imogiri. Akan terasa aroma jawa yang sangat kental. Mulai dari bangunan yang berbentuk Joglo serta ukir-ukiran yang terdapat pada bangunan. Di area komplek makam juga ada abdi dalam yang memakai pakaian adat Jawa, membuat suasana Jawa makin kental disini. Biasanya para wisatawan yang datang ke sini adalah para wisatawan yang datang dari luar Jogja.

Selain menjadi objek wisata alam. Di makam Raja Imogiri ini juga sering dimanfaatkan untuk yang memiliki hobi fotografi. Karena memang suasananya dan tempat-tempatnya yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

tertarik untuk mengunjungi Makam raja Imogiri di Bantuk Yogyakarta?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *