Keindahan Wisata Alam Ujung Kulon

Kalian pasti sudah tahu dong wisata alam Ujung kulon. Salah satu tempat wisata yang terkenal dengan berbagai macam ekosistemnya yang langka. Ujung kulon merupakan perwakilan ekosistem hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas untuk kawasan Banten dan Jawa Barat. Keindahan alam dan pesisir pantainya memang menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata ini. Di taman wisata ini ekosistemnya begitu banyak, dan ekosistem disini dibagi menjadi tiga bagian yaiut ekosistem daratan, ekosistem rawa, dan ekosistem perairan laut. Keaneka ragaman ekosistem di taman nasional Ujung kulon ini memang luar biasa, bahkan taman nasional ini sering dijadikan tempat penelitan. Ujung kulon ini mulai dikenal sejak tahun 1820 oleh pakar botani Belanjda.

Taman nasional ujung kulon memang merupakan obyek wisata alam yang menarik. Bukan hanya keaneka ragaman ekosistem, tapi berbagai wisata lainnya seperti wisata pendidikan, wisata sejarah, dan wisata pantai dapat kita nikmati disini. Begitu banyak spot-spot yang menarik yang bisa kunjungi, sebut saja salah satunya Tamanjaya dan Cibiuk, Pantai Kalejetan, Karangranjang, Cibandawoh, dan masih banyak spot-spot lainnya. Jadi sayang bukan jika kalian memiliki cukup biaya dan waktu tapi tidak datang ke tempat wisata yang satu ini.

Ujung Kulon – Daftar Tempat Wisata

Untuk menarik minat kalian datang ke Ujung kulon. Kali ini Gudang Wisata akan memaparkan beberapa spot atau tempat menarik di Taman nasional Ujung Kulon, antara lain:

Snorkling Dan Diving di Ciharashas, Pulau Panaitan
Di Ciharashas ini kalian dapat melakukan olah raga air seperti snorkling dan diving. Keindahan alam bawah laut di Ciharashas ini termasuk yang paling baik di Ujung kulon. Para wisatawan bisa mengamati alam bawah laut sambil menikmati keindahan terumbu karang dan hewan cantik bawah laut. Untuk mencapai tempat ini kalian hanya perlu menaiki spead boat dari Carita yang memerlukan waktu 3 jam. Dan bisa juga menggunakan kapal laut biasa tapi dengan jarak tempuh 4-6 jam.

Surfing Di Legon Bejo, Pulau Panaitan
Di pulau panaitan ini memang wisata yang bisa kita nikmati termasuk banyak. Selain snorkling dan diving, disini juga kalian bisa mencicipi surfing di kawasan Legon Bejo. Kegiatan ini cocok sekali untuk kalian yang hobi tantangan. Menikmati gulungan ombak dipadu dengan pasir putih yang indah pasti menjadi pengalaman yang menarik.
ujung kulonHiking Di Karang Copong, Pulau Peucang
Pulau Peucang telah menjadi salah satu tujuan utama dari kunjungan ke taman nasional Ujung Kulon. Karang copong adalah nama sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) di pulau Peucang bagian Utara. Hiking ke Karang Copong dilakukan pada trail dari arah Dermaga Peucang masuk ke hutan hujan tropis dataran rendah dan keluar di karang copong, pengunjung akan merasakan seolah-olah berjalan membelah pulau Peucang dari Timur ke Barat. Sepanjang perjalanan menuju karang copong selama 50 menit pengunjung dapat melihat contoh hutan hujan tropis dataran rendah yang sangat baik, dengan pohon-pohon ficus serta Kiara yang besar, burung hantu, tonggeret, babi hutan, Rusa, Merak, dan Monyet. Kemudian dari pantai Karang Copong, pengunjung akan melihat pemandangan sun set yang fantastis dengan latar belakang laut yang membentang indah. Perjalanan ke karang copong ini dipandu oleh petugas dari Taman Nasional.

Ziarah Ke Gua Sanghyang Sirah
Sanghiang Sirah merupakan salah satu tempat untuk berziarah yang berada di sirah (kepala) Pulau Jawa yang berbentuk gua. Pemandangan di sekitar gua sangat indah dengan formasi karang besar dan curam disepanjang pantai dengan dikelilingi vegetasi hutan pantai. Peziarah percaya bahwa Gua Sanghyang Sirah adalah tilas (tempat bertapa) Prabu Kian Santang yang diyakini masih berada di situ sampai saat ini. Untuk saat ini pengguna produk ini lebih banyak wisatawan domestik yang khusus datang untuk berziarah biasanya mereka trekking dari Tamanjaya-Tanjung Lame-Karang Ranjang dan kemudian menyusuri pantai selatan menuju Sanghyangsirah. Perjalanan ditempuh kira-kira 1-2 hari. Mereka biasanya menginap di perjalanan (tidur di hutan).

Menarik bukan? itu baru bebepara tempat di Taman Nasional ujung Kulon. Dan masih banyak lagi spot-spot lainnya yang wajib kalian kunjungi. Jadi tidak perlu khawatir untuk datang ke tempat wisata ini. Karena kalian pasti akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Apalagi dengan keanekaragaman wisata di Ujung Kulon ini. Pasti akan sangat menarik, Selamat berwisata.