Candi Ratu Boko – Info Dan Keindahannya

Jogja memang merupakan kota dengan wisata Candi terbanyak. Mulai dari candi borobudur, candi prambanan, candi sewu, dan masih banyak candi lainnya. Dari semua candi itu, ada salah satu candi yang menjadi favorit para wisatawan yaitu Candi Ratu Boko. Pernah dengar sebelumnya tentang candi yang satu ini? Bagi yang belum pernah, Anda wajib mengunjunginya. Karena di candi ini Anda akan mendapatkan kepuasan dan juga rekreasi yang menyenangkan.

candi ratu boko

Candi Ratu Boko memang memiliki kawasan yang indah. Hamparan rumput hijau disekitar candi. Bangunan-bangunan candi yang terhampar luar. Dipadu dengan pemandangan alam yang masih asri. Membuat setiap wisatawan yang datang kesini terpesona dan ingin berlama-lama di objek wisata candi ini.

Jika Anda ingin mengunjungi candi Ratu Boko ini, tidaklah begitu sulit. Trek atau jalur menuju Candi adalah sebagai berikut:

  1. Kota Jogja Anda hanya perlu naik Trans Jogja dengan trayek 1A menuju Pasar Prambanan
  2. Setelah itu dari pasar Prambanan Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menuju pintu masuk prambanan. Atau kalo Anda tidak mau cape, bisa naik becak atau andong. Karena jarak dari pasar sampai pintu masuk candi lumayan jauh
  3. Setelah sampai di depan pintu masuk candi prambanan. Anda tinggal membeli tiket untuk mengunjungi wisata candi prambanan dan candi Ratu Boko

Memang harga tiketnya lumayan mahal. tapi tiekt itu sudah termasuk mobil transportasi dari prambanan ke ratu boko dan kembali lagi ke prambanan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan air mineral 330 mL saat tiba di Candi Ratu Boko.

Tapi jika Anda sudah pernah ke Candi Prambanan dan hanya ingin ke Candi Ratu Boko. Lebih baik pergi langsung ke candi Ratu Boko karena harganya akan lebih murah. Jaraknya sekitar 2-3 KM dari candi Pramabanan. Jika dari kota Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 17 KM ke arah timur.

Setelah Anda sampai di komplek candi Ratu Boko. Anda tidak akan melihat langsung candi yang ingin dituju. Karena memang komplek candi terletak di atas bukit. Hanya terlihat anak tangga menuju atas bukit. Dan di komplek candi ini juga tidak terlihat ada loket karcis atau apa pun. karena ternyata petugas parkir di candi itulah yang merangkap jadi penjual tiket. Untuk tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang dan Rp 5.000,- untuk ijin foto 1 kamera DSLR. Biasanya yang diminta uang kamera ini hanya untuk kamera-kamera besar saja. Jika untuk kamera poket biasanya tidak dimintai pungutan biaya.

Mengelilingi candi Ratu boko dengan luas kurang lebih 16 ha ini memang menguras tenaga. Tapi semua itu akan terbayar dengan keindahan yang Anda dapat. banyak yang terdapat disini seperti bekas pemandian para putri. komplek candi yang menawan. Serta Anda juga bisa menikmati pemandangan kota Selaman dari atas bukti komplek Candi Ratu Boko ini. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *