Candi Prambanan Terindah Di Asia Tenggara

Masih membahas wisata candi di Yogyakarta. Kali ini yang akan kita bahas adalah candi kedua terpopuler di Jogja yaitu Candi Prambanan. Nama lain dari candi prambanan adalah Candi Rara Jonggrang. Candi ini merupakan komplek candi terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad kesembilan. Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Selain merupakan candi hindu terbesar, candi prambanan juga adalah salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Tidak heran rasanya jika candi prambanan menjadi salah satu tujuan wisata candi terfavorit setelah candi Borobudur. Bangunan candi yang menjulanng tinggi dengan candi Siwa sebagai pusatnya. Terlihat menjulan tinggi ketika kita memasuki komplek candi. Candi Siwa sendiri merupakan candi tertinggi dengan ketinggian kurang lebih 47 meter. Keindahan candi prambanan menjadikan daya tarik bagi para traveller untuk menikmati keunikan dan keindahan komplek candi yang satu ini.

candi prambanan

Lokasi Candi
Candi Prambanan sendiri terletak di desa Prambanan, pulau Jawa. Kurang lebih 20 KM timur dari kota Yogyakarta. Persis di perbatasan antara provinsi jawa tengah dan daerah istimewa Yogyakarta. Sehingga wilayah candi ini terbagi menjadi dua. Sebagian masuk ke wilayah Sleman dan sebagian lagi ke Klaten.

Mengelilingi candi bersama keluarga serta mengabadikannya dengan foto akan menjadi kegiatan mengasyikan selama liburan di Jogja. Relief serta arsitek candi yang memukau dapat menjadi pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan objek wisata lain. Suasana di komplek candi Prambanan pun cukup asri. Banyak pepohonan serta tempat istirahat.

Harga Tiket Candi Prambanan
Wisatawan Lokal
Senin – Jumat Rp 15.000 (dewasa) dan Rp 10.000 (anak-anak dan pelajar)
Sabtu, Minggu dan libur nasional Rp 17.500 (dewasa) dan 11.000 (anak-anak dan pelajar)

Wisatawan Asing
USD $ 13 (dewasa) dan USD $ 7 (anak-anak)
Buka : 06.00 – 17.00

Di komplek candi ini terdapat 3 arca yang memiliki sejarah yang banyak dipelajari ketika para wisatawan datang yaitu:

  • Arca Siwa Mahaguru
  • Arca Siwa Mahadewa
  • Arca Siwa Ganesha

sedangkan untuk candi di Prambanan ada 3 candi utama yaitu:

  1. Candi Siwa
  2. Candi Brahma
  3. Candi Wisnu

Tiga candi itu adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Selain itu masih banyak keindahan yang dapat kita nikmati di candi Prambanan. Jadi tunggu apa lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *