Air Terjun Sri Gethuk, Primadona Wisata Gunung Kidul

sri gethukTidak bosan rasanya membahas keistimewaan tempat wisata di Yogyakarta ini. Potensi wisata daerah ini memang sangat luar biasa, terutama dari wisata alam dan wisata budayanya. Dan hebatnya, sektor wisata ini juga membuat perkembangan perekonomian daerah setempat. Dan salah satu potensi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini terletak di Padukuhan Menggora, Desa Bleberan kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya tidak jauh dengan salah satu tempat wisata sejarah yaitu Gua Rancang Kencono, dimana dulunya gua itu pernah dijadikan tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan. Keindahan air terjun sri gethuk ini terpancar dari tingginya tebing dengan ketinggian hampir 50 meter. Suasana yang romantis serta asri membuat para wisatawan takjub dengan keindahan air terjun ini. Dan air terjun ini pula yang membuat citra daerah Gunung Kidul sebagai daerah yang gersang tertampikan.

Air terjun sri Gethuk biasa disebut juga oleh masyarakat sekitar sebagai air terjun Slempret. Air terjun ini tercabang menjadi dua bagian karena celah tebing yang berbeda. Pemandangan yang ditawarkan oleh air terjun Sri gethuk juga begitu indah dengan sekeliling phon yang cukup rindang. Air terjun ini tepat berada di tepi sungai oyo. Dan di air terjun ini juga terdapat 3 sumber mata air yaitu mata air Dung Poh, Ngandong,dan Ngumbul. Air yang jatuh dari Sri Gethuk langsung ke hamparan sungai Oyo dengan keindahan eksotis yang menawan.

Jalur Menuju Sri Gethuk

Untuk jalur menuju Air terjun Sri Gethuk ini wisatawan bisa menempuh dua jalur yaitu melalui pematang sawah. Menyusuri rumah warga serta persawahan dengan jarak sekitar 450 meter dengan menuruni 96 anak tangga. Dan jalur yang kedua yaitu dengan menaiki perahu karet dengan biaya tiga ribu perorang. Perahu karet milik Tim SAR yang biasanya digunakan dalam kondisi penting sewaktu-waktu.

Biar lebih menarik minat kalian, langsung lihat beberapa dokumentasi dibawah ini saja.air terjun sri gethuk

bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Air terjun Sri gethuk?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *