Jangan Pergi Berlibur! Sebelum Melakukan 5 Hal Ini

Siapa orang yang tidak ingin berlibur? pergi ke suatu tempat baru, melihat hal baru, dan yang pasti mendapatkan pengalaman bahagia dan berharga yang tidak terlupakan. Bukan hanya sebagai penghilang stres dan kesenangan, sekarang berlibur (traveling) sudah menjadi lifestyle (gaya hidup) masyarakat kita. Dan semua orang pasti mempersiapkan liburannya.

Tapi apakah kamu tahu, bahwa persiapan yang tidak matang. Akan mengganggu liburan kamu nantinya, khsusunya persiapan sebelum kamu berlibur. Dan kali ini, Gudang Wisata ingin berbagi informasi untuk kamu semua, tentang hal apa saja yang wajib kamu persiapkan sebelum berlibur. Ok sobat, mari kita simak hal yang wajib kamu lakukan sebelum pergi berlibur:

Memesan Dan mengKonfirmasi Tiket Pesawat dan Hotel

Hal paling utama ketika kamu ingin pergi berlibur adalah transportasi dan akomodasi. Dua hal ini yang paling urget (penting), karena itu kamu harus mengecek dan mempersiapkannya dengan baik. Jika kamu ingin berlibur, maka rencanakanlah dari jauh-jauh hari. pesan tiket pesawatmu jauh hari sebelum hari H. Selain persiapan kamu lebih matang, biasanya kamu juga akan mendapatkan harga spesial atau promo untuk tiket pesawat yang kamu pesan. Jika kamu ingin melakukan pemesanan tiket pesawat, kamu bisa klik disini. Setelah kamu memastikan tiket pesawat kamu, yang kedua harus kamu perhatikan adalah dimana kamu nanti akan tinggal selama berlibur. Maka kamu harus mencari referensi hotel di tempat kamu berlibur nanti. Cari hotel yang sesuai dengan budget kamu, dan lakukan pemesanan dan konfirmasi. Pastikan dua hal yaitu tiket pesawat dan hotel sudah siap sebelum kamu pergi berlibur.

tips berlibur

Persiapan Liburan

Packing

Setelah tiket pesawat dan hotel siap, maka sebelum berangkat lakukanlah packing (persiapan barang bawaan) yang nanti akan kamu bawa berlibur. Selektiflah dalam membawa barang, bawalah barang-barang yang memang kamu perlukan saja. Selain mengurangi beban, ini juga akan mempermudah kamu ketika berlibur nanti. Dan jangan bawa barang berharga atau perhiasan, karena di tempat berlibur nanti kamu tidak tahu kondisinya seperti apa. Dengan membawa barang-barang berharga, kamu bisa menarik orang lain untuk melakukan tindak kejahatan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara packing yang benar sebelum berlibur, kamu bisa baca tulisan sebelumnya disini.

Persiapkan Gadget Dan Kamera, Dan Selalu Bawa Baterai Cadangan

Sepertinya ini hal yang sepele, tapi ini merupakan hal yang penting. Selain itu hiburan ketika perjalanan, gadget kamu juga dapat digunakan ketika keadaan darurat. Bayangkan jika kamu tersesat ketika berlibur, dan gadget kamu lowbet. Maka kamu akan kesulitan untuk meminta bantuan / pertolongan. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan kamera kamu. Karena sayang dong kalo moment liburan kamu tidak diabadikan. Dan pastikan bawa baterai cadangan, agar semua moment liburan kamu tidak terlewatkan.

Cari Informasi Kondisi Tempat Wisata

Mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang daerah yang akan kamu kunjungi juga penting. Karena dengan mengetahui lokasi / tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Maka kamu akan lebih mudah mengeksplor tempat-tempat wisata disana. Dan yang pastinya, kamu tidak kehabisan waktu hanya untuk mencari informasi tempat kamu berlibur ketika sudah hari H. Tidak ada salahnya jika kamu membawa dan mengetahui lebih dalam tentang tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Pastikan Kondisi Rumah Aman

Dan ini yang terpenting, pastikan kondisi rumah kamu aman ketika kamu tinggal liburan. Banyak kasus terjadi dimana rumah kebobolan maling karena si empunya rumah sedang pergi berlibur. Titipkan rumah ke security atau tetangga sekitar, dan kunci pintu rumah dengan baik sebelum pergi.

Itulah beberpa hal yang wajib kamu lakukan sebelum pergi berlibur. Jangan sia-siakan liburan kamu hanya karena kurangnya persiapan. Jika kamu punya pendapat lain tentang hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum liburan. Maka kamu bisa sharing atau berbagai di halaman ini. Berikan pendapat kamu di kolom komentar, salam traveler 🙂